amelya

Minggu, 29 Januari 2023

3.7 memahami konsep kerja protokoler server softwitch

 B. Konsep kerja protokoler server softswitch

Beberapa kelebihan telepon menggunakan VoIP, antara lain lebih murah dari segi biaya dibandingkan tarif telepon konvensional karena bersifat global, biaya maintenance hanya dapat ditekan karena voice dan data network terpisah sehingga IP phone dapat ditambah, diubah, bahkan dapat dipindah. Dalam komunikasi VoIP (voice over internet protocol), pemakaian melakukan hubungan telepon melalui terminal berupa komputer pribadi atau telepon biasa tipikal hal ini dikarenakan pada sistem VoIP bisa dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus memiliki port tersendiri di central atau FBX (private branch exchange).


1. Pengertian voip(voice over internet protocol)

   Voive adalah 2 buah komputer yang terhubung dengan internet. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, dan gambar. Dengan demikian, definisi dari VoIP identik dengan teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time. Dalam hal ini penekanan utama dalam komunikasi VoIP lebih pada hubungan kedua perangkat tersebut dalam bentuk suara. Syarat-syarat umum mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, memiliki sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikrofon serta dukungan software khusus hingga kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain.


Proses digitalisasi voice dalam bentuk paket data, dikirimkan, dan dipulihkan kembali dalam bentuk voice kepada penerima. Format digital lebih mudah dikonversi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog. Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui hub/ router/ ADSL modem yang dikirimkan lewat jaringan internet dan akan diterima oleh tujuan menggunakan media yang sama titik untuk pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (analog to digital converter), kemudian ditransmisikan dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC. Di samping itu bisa juga melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan. Beberapa kelebihan dan kelebihan dan kekurangan VoIP diuraikan sebagai berikut.

1. Kelebihan

  a. Bisa digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada.

b. Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh.

c. Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar.

 d. Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa.

e. Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara.


2. Kekurangan

  a. Regulasi terbatas.

  b. Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN.

  c. Peralatan relatif mahal.

  d. Ada jeda dalam berkomunikasi.

  e. Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.

  f. Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/stuck.


2. Kebutuhan perangkat VoIP

  Keluasan VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasi menjadi komunikasi voice cepat populer di masyarakat umum. Guna melakukan komunikasi menggunakan VoIP dibutuhkan beberapa komponen pendukung. Selain dalam bentuk suara yang didengar bentuk komunikasi bisa dalam berbentuk tulisan (chatting) adapun video conference jika menggunakan jaringan cukup besar. Komunikasi tersebut lebih dikenal dengan istilah IP telephony sebagai jenis komunikasi multimedia atau bentuk lanjutan dari komunikasi suara (VoIP).


Beberapa komponen yang harus ada dalam VoIP diklasifikasikan sebagai berikut.

a. Protokol

  Sejarah umum, terdapat dua teknologi yang digunakan untuk VoIP, yaitu h.323 sebagai teknologi yang dikembangkan oleh itu(internasional telecommunication union) dan sip (sension initiation protocol) sebagai teknologi yang dikembangkan ietf (internet engineering task force).

b. VoIP server sendiri identik dengan bagian utama dalam jaringan VoIP. Perangkat ini sangat dibutuhkan untuk dapat menghubungkan berbagai titik komunikasi server. Pada dasarnya VoIP server menyediakan berbagai layanan yang bisa ada di voice mail, pbx (private branch exchange), interactive voice response (IVR), dan lain-lain .perangkat ini dapat digunakan untuk mendefinisikan jalur dan aturan antar terminal. Ada beberapa softswitch yang dapat dipilih untuk membangun jaringan VoIP sendiri, semuanya memiliki lisensi gratis. Beberapa jenis softswitch juga menyediakan fasilitas tambahan untuk dapat berkomunikasi dengan software selain di internet. Salah satunya adalah Asterisk voip server.


C. Voice switch
    Konsep cursuit sweetting identik dengan sebuah jalur komunikasi yang akan dibuka dan dipesan selama terjadi komunikasi . jalur komunikasi tersebut pada akhirnya menjadi eksklusif dimiliki oleh dua titik yang menggunakannya. Misalnya,Tyas Pamungkas tinggal di Surabaya dan hendak menelepon Dwi Winarno yang berada di Sulawesi Utara titik selama proses komunikasi antar Tyas Pamungkas dan Dwi Winarno terjadi, jalur telepon dari Surabaya ke Sulawesi Utara adalah eksklusif milik Tyas Pamungkas dan lawan bicaranya alhasil biaya pun membengkak karena membayar jalur telepon yang digunakan tersebut.


Hal ini tentu saja akan berbeda jika menggunakan konsep paket switching, di mana seluruh data untuk berselancar yang lalu lalang di internet identik dengan jalur bukan eksklusif milik sendiri, sebab jalur data pada paket switching bisa digunakan oleh multi user. Agar data tersebut tidak salah alamat, paket data diberikan identitas khusus sehingga perangkat pendukung seperti halnya router dapat meneruskannya ke tujuan akhir (switched). Paket switch menjadi alasan utama sebuah komunikasi suara menggunakan internet protocol (IP) sehingga memiliki perbedaan biaya jauh lebih rendah.

d. Proses codec (coder -decoder)

   VoIP membutuhkan proses coder dan decoder dengan tujuan mengonversi sinyal audio menjadi dua digital yang dipadatkan (kompresi) untuk kemudian dikirimkan lewat jalur internet agar dapat melalui jalur faket switch yang sempurna titik-titik yang berbeda, data tersebut dekompresi ulang dan diubah menjadi sinyal analog. Salah satu algoritma yang populer dinamakan dalam teknologi VoIP adalah CS-ACELP(chtonjugate -strukture algebraic-code-excited linear prediction). Condet juga bekerja menggunakan algoritma tertentu untuk membantunya dalam memecah,mengurutkan, mengkonversi, dan merakit ulang audio data yang ditransmisikan.

   Beberapa codec yang sering digunakan antara lain codec G.711, G.723.1, G. 729, G. 726 G. 728 GSM dan iLBC. Misalnya codec G. 711 digunakan untuk melakukan sampling audio sebanyak 64.000 kali per detiknya. Jika data hasil kompresi berhasil diterima di titik lain, proses selanjutnya adalah melakukan perakitan ulang .data yang dirakit tidak selengkapnya data saat pertama kali dikirim, sebab terdapat beberapa bagian yang hilang. Namun, bagian yang hilang sangat kecil sehingga tidak terdeteksi oleh telinga manusia. Konversi codec bekerja dengan cara memotong bagian sinyal (sampling)audio dalam jumlah tertentu per detiknya. Pemilik codec sangat berpengaruh pada pengguna bandwidth jaringan t.makin baik codex melakukan sampling, jalur yang akan digunakan juga makin efisien . kualitas akhir suara juga harus diperhatikan agar tidak sekedar cepat, codet juga harus menghasilkan sinyal audio yang baik.



e. Softphone(software perangkat telepon)

   Pada awal mula VoIP, softphone merupakan replikasi telepon tradisional di atas layar. Saat ini komam mereka digabungkan sebagai antarmuka dasar untuk aplikasi komunikasi titik saat ini banyak softphone yang disebar dengan lisensi gratis, bahkan terdapat lisensi software gratis dan layanan jaringan VoIP nya. Perangkat telepon dalam bentuk software di dunia VoIP bisa disebut dengan softphone. Softphone berbeda berdasarkan fungsionalitas sesuai tujuan penggunaannya dengan kecanggihan dan kompleksitas protokol yang digunakan dan pada fitur yang memiliki jenis yang beragam baik dari kemampuan dan lisensinya perangkat ini telah berkembang selama bertahun-tahun selama pengembangan industri VoIP. Softphone biasanya berjalan di komputer, tablet, pc, dan smartphone, dan diperlukan untuk melakukan panggilan (voice over IP ) dan panggilan video.



Pada dasarnya, softphone memiliki komponen-komponen sebagai berikut.

1) mesin untuk memproses panggilan dengan modul dalam API komunikasi yang memungkinkan panggilan ditempatkan dan diterima dalam protokol tertentu.

2) antarmuka yang bertindak sebagai platform komunikasi antara pengguna dan komputer atau perangkat. Aplikasi ini juga menawarkan pengguna tombol putar untuk memanggil nomor. Dalam beberapa kasus, terdapat keyboard untuk memasukkan nama kontak dan penelusuran baru. Antar muka juga mencakup tombol kontrol untuk mengatur panggilan dan keberadaan . aplikasi ini juga bekerja dengan input audio dan output perangkat untuk memutar suara dan menangkap audio selama panggilan berlangsung.

3) daftar kontak merupakan daftar nomor dan nama yang memudahkan pengguna melacak nomor dan ke responden manajemen.

4) satu set codec sehingga dapat suara dikodekan antara analog(seperti yang didengar dan saat berbicara secara alami) dan format digital. Codec Juga menempatkan data sehingga mudah ditransfer melalui internet.

Beberapa jenis dari softphone yang banyak digunakan di Indonesia dikategorikan sebagai berikut.

1) X-lite
    X-lite merupakan softphone untuk VoIP yang berjalan melalui protokol sip. X Lite juga bisa digunakan untuk saling berkirim text dan video.


2) skype
      Skype salah satu penyedia softphone gratis sekaligus layanan PC to PC call yang prima.softphone Skype. Jika ingin membuat jaringan sendiri harus menggunakan softphone jenis lain

3) myphone
    Untuk protokol H.323 dapat menggunakan my phone .

4) IAX-lite
    IAX-lite merupakan softphone yang berjalan melalui protokol iax. Iax merupakan protokol signaling yang dikembangkan oleh pembuat arterisk(IP PBX).


f. Voice gateway
   Gateway berfungsi untuk menggunakan dua bentuk jaringan berbeda yang dilakukan dengan menerjemahkan protokol-protokol tersebut melalui prosedur call setup dan release serta mengirimkan informasi antara jaringan. VoIP gateway digunakan untuk menghubungkan antara jaringan H. 323 dan jaringan non H.323 sebagai dua jenis jaringan yang berbeda. Jika terdapat dua terminal h.323 yang sama, maka VoIP gateway tidak bisa digunakan untuk komunikasi . misalnya gateway menghubungkan dan menyediakan komunikasi antara terminal h.233 dengan PSTN (jaringan telepon).



3. Konsep kerja server softswitch

    Soft switch identik dengan suatu alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk di dalamnya jaringan telepon tetap (PSTN), internet berbasis IP, kabel TV dan jaringan seluler yang telah ada selama ini. So sweet lebih dikenal dengan IP PBX.


a. Jenis perangkat dalam softswitch

   Fitur-fitur software, antara lain abreviated dialing, call forwarding, calling Line identification presentense (CCIP), call waiting cancel, clip on call waiting, confrex, dan conterence call. Perangkat dalam servis harus mampu menjamin kualitas layanan dengan batas nilai dengan one way delay, delay fariation, information loss, MOS (mean option soccere), Echo cancellation, dan post dial delay.


Jenis-jenis perangkat dalam softswitch dikategorikan sebagai berikut.

1) media gateway controller (MGC)

    Pada dasarnya, mgc berperan sebagai elemen utama Soviet yang berfungsi dalam mengontrol sebuah sesi layanan komunikasi, mengatur interaksi elemen-elemen jaringan yang lain dan menjembatani jaringan dengan karakteristik yang berbeda, termasuk PSTN, ss7 dan jaringan IP, mgc sering disebut dengan istilah call egent.

2) application server

   Aplikasi server diterjemahkan sebagai entitas pengeksekusi aplikasi .peran utamanya adalah menyediakan logika layanan dan eksekusi untuk beberapa aplikasi dan layanan, misalnya features OSS dan NMS.

3) media server

     Servis memiliki beberapa perangkat, kapasitas yang mampu menangani traffic panggilan minimal 4 juta bhc (bisnis hosted communication) dan dapat ditambah kapasitasnya sesuai kebutuhan .kapasitas sistem ini juga harus didesain secara modular.


b. Cara kerja softwitch

   Fungsi so mftwitch setara dengan switch analog dan tidak memberikan layanan yang lain pada posisi ini, softwitch akan bekerja lebih kompleks. Cara kerja Softwitch diawali dengan media gateway controller (MGC/call agent) yang bekerja di tataran pengaturan panggilan (call control) sertakan processing. Mgc akan mengontrol panggilan masuk untuk mengetahui jenis media panggilan dan tujuannya. Selanjutnya, mgc mengirimkan sinyal ke MG untuk melakukan koneksi, baik intra koneksi pada jaringan sirkuit ke sirkuit, paket ke paket maupun interkoneksi jaringan sirkuit ke paket dan sebaliknya. Jika diperlukan, mgc dapat meminta MG melakukan konversi media yang sesuai dengan permintaan ataupun langsung meneruskan panggilan jika tidak diperlukan konversi.


Antara mgc dan MG harus saling berhubungan dengan protokol megaco atau MGCP(media gateway control protocol). Sementara itu, 1 mgc akan berhubungan dengan mgc lain yang berbeda di jaringan yang sama maupun berbeda dengan mengirimkan protokol sinyal tertentu. Selanjutnya, mgc akan mengirimkan ss7 (signaling system 7) untuk jaringan sirkuit jika berhubungan dengan jaringan paket, mgc akan menggunakan h.323 atau sip (season initiation protocol). MG juga bisa bekerja di sisi pelanggan maupun penyedia layanan, di mana software bukan hanya berfungsi sebagai converter, namun juga memberikan fitur lebih, termasuk dial-tone tentunya. Dalam hal ini, MG hanya akan bekerja sebagai converter antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket.


c. Konsep kerja server softswitch

    Bagian yang paling kompleks dalam sentral lokal adalah bagian software yang mengatur call processing. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menciptakan suatu alat yang dapat menyambungkan komunikasi suara (voice) dalam bentuk paket maupun circuit. So sweet sebagai suatu kumpulan dari beberapa perangkat protokol dan aplikasi yang memungkinkan perangkat-perangkat lain dapat mengakses layanan telekomunikasi atau internet berbasis jaringan IP, di mana seluruh proses nya dilakukan dengan menjalankan software pada suatu sistem komputer.

d. Cara kerja server softwitch

  Pada saat pelanggan gateway dan telepon ip mengirimkan sinyal satu sama lain dalam jaringan paket menggunakan protokol IP telephony seperti h.323 atau sip maka sinyal akan diterima softwitch dengan cara mengidentifikasikan panggilan masuk berasal dari jaringan IP atau PSTN. Jika berasal dari jaringan IP, soft with juga akan menginstruksikan originating customer gateway dan terminating customer gateway untuk merutekan packetized voice stream secara langsung. Selanjutnya, Soviet mengontrol pembentukan (set up) dan pemutusan (release) panggilan dari dan ke pelanggan serta mengatur hubungan pelanggan tersebut dengan internet secara simultan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar